SEO


A.Pengertian SEO
            Dalam kegiatanpemasaran online,SEO memiliki peranan penting.Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis.Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimiasi SEO.
1.  Pengertian SEO menurut para ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini,baik pengusaha skala kecil ataupun besar masing-masing berlomba untuk menunjukan eksistensinya melalui web yang jauh lebih besar.Oleh karena itu,kehadiran search engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut dapat ditemukan dengan mudah.Lalu,apa itu SEO?Adapun pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahi,sebagai berikut.
a.       Neil Patel SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut  untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
     b.      Danny Sullivan SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
     c.     Rand Fishikin SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang cukup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi ,kemudahan penggunaan,fokus pada konten,penargetan audiensi,desain,pengembangan situs,penelitian keyword,penempatan keyword,link building,social media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
Adapun yang dimaksud dengan search engine optimization,yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untukn meningkatkan jumlah trafik kunjungan melaui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page).Search Engine Result Page (SERP), yaitu daftar halaman web yang di tampilkan oelh search engine sebagaia respons terhadap kata yang diketik pada m,esin pencari.
2. Teknik SEO
Dalam SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi.Di mana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut.
a.    Teknik white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatuteknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seseorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kenijakan yang di tetapkan oelh search engine.
b.      Teknik black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seseorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
B. Jenis optimasi SEO
     Search Engine Optimization(SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine. Apa yang dioptimalkan?Website dan visibilitasnya di dunia internet. Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization, namun seberannya yang disesuakan dan dioptimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapatdua jenis optimasi.Kedua optimasi tersebut adalah oprtimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Meskipun jenis optimasinya berbeda ,namun tujuanya tetap sama. Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun SEO off page,yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atua ditargetkan dan perbedaannya terletak pada cara optimasinya.
Berukut penjelasan mengenai masing-masing optimasi SEO.
1.  Optimasi SEO on page
Tahuikah Anda apa itu optim,asi SEO on page? Optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari dalam blog itu sendiri.Adapun jenis optimasi SEO on page,sebagai berikut.
a.       Optimasi SEO on page pad URL
Terkadang banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Di man URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/katagori/sub_katagori/judul_artikel.
b.      Optimasi SEO on PAGE PADA DOMAIN
Untuk domain,jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah separti “-“. Misal kata kunci yang ingin dioptimasikan adalah “tutorial bisnis online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnisonline.com dari pada http://tutorial-toko-online.com.
c.       Optimasi SEO on page pada judul halaman (title)
Judul halaman sudah tentu diupayakan menandung kata kunci yang ditargetkan, karena bagaimanapun judul halaman haruslh berisi kata penting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadfi dasar berkembangnya teknik dynamic heading, di man para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d.      Optimasi SEO on page dengan meta description .
Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri.Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal,yaitu:
       1)      Panjangnya maksimal 150 karakter.
       2)      Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
       3)      Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e.       Optimasi SEO on page pada title tag
Bagian ini berada pada<head>, dan kodenya adalah: <title>Isi dari title tag</title>. Di mana yang terpenting adalah apa saja yang bisa Anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinya akan sangat tinggi. Jadi sebaiknya formatb dari isi title tag adalah  JUDUL ARTIKEL saja, atua JUDUL ARTIKEL- NAMA BLOG.Sebaiknya hindari struktur  NAMA BLOG:JUDUL ARTIKEL,kecuali blog atau web Anda sudah punya reputsi yang sangat baik.
f.       Optimasi  SEO on page pada gambar
Berhubungan Google dan yang lainya belum dapat mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuksalah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g.      Optimasi SEO on page pada artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keyword density(kepada kata kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
2.    Optimasi SEO off page
      Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog,maka optimasi SEO off page dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan di luar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engine berdasarkan target keyword yang memiliki hubungan denagn konten. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off  page, yaitu:
a.       Backlink dari website atau blog lain.
b.      Submit site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para webmaster (pemilik website). Alat ini membantu agar website aatau blog bisa terpantau dengan maksimal oleh Google, dan sisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c.       Posting artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d.      Blog walking.
e.       Ping blok. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Singal XML-RPC akan dikirim ke satu atau  lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs baru atau blog tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh : http://pingmatic.com/
Seperti yang Anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink.Di mana backlink adalah link dari blog atau website lain ke blog atau website Anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomondasi,semakin banyak yang merekomondasikan, maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Adapun untuk memilih backlink perlu diperhatikan beberapa hal.Selain itu untuk membuat backlink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih backlink dan metode untuk membuatnya.
a. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink.
    Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink,sebagai berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar